Jadwal Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan 2020

           Sekitar Bulan Nopember tahun 2019 sudah dilaksanakan pretes penjaringan calon peserta PPGJ tahun 2020-2023. Selain itu juga diadakan proses pendaftaran /seleksi administrasi calon peserta PPGJ tahun 2020, yakni untuk peserta yang telah dinyatakan lulus pretes PPGJ tahun-tahun sebelumnya. Peserta yang lulus pretes maupun peserta yang sudah pretes namun belum pengumuman hasil pretes tentunya menunggu kapan jadwal pelaksanaan PPGJ tersebut.
Padahal biasanya pengumuman pelaksanaan PPGJ biasa dilaksanakan di awal tahun di bulan Januari, seperti tahun 2019 lalu. Namun hingga kini belum diketahui kepastian kapan akan diumumkan secara resmi jadwal PPGJ tahun 2020. Serta peserta yang berhak mengikuti PPGJ 2020. PPGJ tahun 2020 akan dilaksanakan menjadi 4 tahapan, dimana tahap 1 akan dimulai pada akhir bulan Maret 2020 dan selesai di tahap 4 akhir Desember.

Nah jika berita tersebut benar, maka bagi guru yang sudah pernah ikut pretes dan dinyatakan lulus (yakni peserta pretes yang lulus tahun 2017 dan 2018 yang belum terpanggil PPGJ) maka bersiap saja, barangkali akan terpanggil untuk mengikuti PPGJ. Adapun konfirmasi kesediaan mengikuti sergur PPGJ ini adalah lewat alamat website https://daftar.sergur.id/. Dilaman ini calon peserta wajib login untuk menkonfirmasi pendaftaran PPGJ. Adapun akun yang digunakan untuk login adalah nomor peserta UKG dan password sesuai akun SIM PKB. Tapi yang perlu diketahui, calon peserta yang konfirmasi disini adalah guru yang telah ditetapkan sebagai calon peserta PPGJ tahun 2020. Jika belum ada pengumuman calon peserta PPGJ atau belum ditetapkan sebagai calon peserta, maka guru tidak perlu melakukan konfirmas di laman https://daftar.sergur.id/. Jika guru yang telah ditetapkan, tidak melakukan konfirmasi sampai batas waktu yang ditentukan berakhir maka dianggap tidak bersedia mengikuti PPGJ. Dan posisinya kemungkinan akan digantikan oleh calon peserta cadangan yang bersedia ikut/mengkonfirmasi.
Proses konfirmasi kesediaan terdiri dari 3 tahap : 1. Masuk ke laman konfirmasi kesediaan di https://daftar.sergur.id/ Login dengan mengisikan nomor peserta UKG dan password (kata sandi) sesuai kata sandi akun di simpkb 2. Konfirmasi kesediaan mengikuti PPG daljab. Peserta wajib melakukan konfirmasi persetujuan untuk setiap poin pakta integritas. Jika tidak bersedia proses konfirmasi selesai. Bagi yang bersedia harap dipersiapakan ijasah/transkrip nilai untuk mengisi kolom nama perguruan tinggi dan NIM/NPM. 3. Konfirmasi Catak Berkas Konfirmasi cetak berkas Pakta integritas dan format A1 dapat dilakukan sesudah ditetapkan menjadi peserta PPG daljab.
Kegiatan PPGJ berikutnya adalah Kuliah Daring. Peserta PPGJ mengakses laman PPG SPADA di https://ppgspada.brightspace.com/ untuk mengikuti perkuliahan tersebut dan wajib menyelesaikan seluruh kegiatan disana. PPG daring dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan. Jika dinyatakan lulus kuliah daring di PPG SPADA, maka selanjutnya adalah kegiatan lapor diri ke LPTK penyelenggara PPGJ. Kegiatan ini biasa diberi tenggat waktu yang tidak lama, biasanya 2 hari saja.
Selanjutnya adalah orientasi di LPTK ya semacam pembekalan bagi calon peserta sebelum kegiatan workshop di kampus. Berikutnya adalah PPL atau Praktek Pengalaman Lapangan yang bisa dilaksanakan di sekolah asal peserta PPGJ. Kegiatan PPGJ diakhir dengan UKMPPG atau singkatan dari Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru, ujian yang dimaksud adalah Ujian Pengetahuan (UP) dan Ujian Kinerja (UKIN).

Komentar